How To Fix Blank screen ubuntu 11.X dan 12.X

2

February 3, 2013 by Prima

kemaren saya baru saja install xubuntu 12.10 karena sudah beberapa kali install ubuntu selalu berhasil. hanya saja monitor saya blank screen seperti mati total tetapi ubuntunya jalan lancar.. setelah itu dengan saran seorang programmer di jakarta (mas ardi) saya disarankan menggunakan xubuntu akhirnya saya coba dengan memeinta tolong pegawai puskom uns (irulneni) untuk mendonloadkan dan kemaren hari jumat baru dapat akhirnya saya install dan ternyata masalah yang sama masih muncul yaitu blank screen …

akhirnya saya coba tancapkan kabel VGA ke monitor paling tidak saya sudah bisa lihat tampilanya setelah searching di google akhirnya menemukan satu solusi dari sini dan sekarang Xubuntu saya sudah terinstall dengan baik …

solusinya jika anda mempunyai monitor LCD yang lain akan lebih mudah jika anda bisa melihat tampilan ubuntu dengan layar monitor lain

-> buka terminal

-> masuk root

~$ sudo su

-> setelah itu kita edit /etc/default/grub buka dengan editor yang ada (bisa gedit, leafpad atau nano ) . ingat buka file sebagai root agar bisa di save karena permition file grub adalah root
-> lalu pada bagian

GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> /dev/null || echo Debian`
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”
GRUB_CMDLINE_LINUX=””

pada GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” di Xubuntu atau GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”” di Ubuntu

DIGANTI dengan

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet console=tty1 acpi_backlight=vendor acpi_osi=Linux acer_wmi.blacklist=yes mem=1920mb”

setelah itu save dan reboot .. inssyaAllah layar monitor laptop sudah normal
semoga bermanfaat bagi yang mengalami hal yang sama dengan saya..

#!/read/following/

2 thoughts on “How To Fix Blank screen ubuntu 11.X dan 12.X

  1. kowe pancen uye lan sangar sak endonesa prim!

Leave a comment