Cara mengganti grub splash ubuntu dan kawanya (di linux)

Leave a comment

March 25, 2010 by Prima

pertama dulu waktu saya pertama instal ubuntu saya sedikit kagum dan milik teman saya grub splash nya dapat diganti jadi sewaktu kita masuk grub tampilannya bisa indah…

nha saat itu pula saya mulai googling tapi ga dapet dapet jadinya  ya sudah saya tinggalkan setelah beberapa lama saya bertransmigrasi ke Xubuntu…

dasarnya sebenarnya sama hanya saja banya yang dikurangi dari ubuntu dan otomatis kinerja Xubuntu lebih cepat…

inilah saatnya googling dan nyari cara biar grub bisa diganti… tapi untuk GRUB 2 file yang akan di edit adalah file file yang ada di  grub.d jika yang versi grub nya GRUB file yang di edit menu.lst

pertama buat gambar berukuran kecil 640×480

caranya bisa dilihat di postingan saya dalam tag desain yang judulnya “merubah size suatu gambar” atau klik disini

begini caranya

1. buka aplikasi yang sangat hebat yaitu terminal atau console ( yang console aku lum pernah liat tapi fungsinya sama kok)

2. kita masuk sebagai root dengan cara  ketik

  • sudo su

3. lalu kita edit file yang berada di etc/grub.d/05_debian_theme dengan cara mengetik

  • sudo gedit /etc/grub.d/05_debian_theme

4 maka gedit akan munculdan carilah..

  • if [ “$GRUB_TERMINAL_OUTPUT” = “gfxterm” ] ; then
    for i in {/boot/grub,/usr/share/images/desktop-base}/grub3.{png,tga} ; do
    if is_path_readable_by_grub $i ; then


5. pada tulisan yang saya ganti warna kuning adalah nama file gambar anda

6. lalu rubah warna nya

  • if background_image `make_system_path_relative_to_its_root ${bg}` ; then
    set color_normal=black/black
    set color_highlight=white/black

7. tulis warna sesuai keinginan dan warna yang mendukung adalah

lack (atau transparent),
– dark-gray,
– light-gray,
– white,
– brown,
– yellow,
– red,
– light-red,
– blue,
– light-blue,
– green,
– light-green,
– cyan,
– light-cyan,
– magenta,
– light-magenta.

8. reboot … (restart maksudnya)

lalu LIHAT HASILNYA….

hhehehe

Leave a Reply

